Skip to content
Home » Tips Memilih Rental Motor Matic

Tips Memilih Rental Motor Matic

    Sewa motor di Bali menjadi banyak pilihan para backpacker atau yang menyukai traveling saat berlibur ke Pulau Bali. Karena saat ingin mengunjungi satu destinasi wisata ke destinasi lain yang memiliki lokasi berbeda dapat dilakukan dengan mudah.

    Selain itu dengan mengendarai motor, perjalanan juga lebih leluasa. Dapat melewati gang-gang sempit atau jalanan kecil yang sulit dilewati dengan kendaraan roda empat. Sehingga bisa mencari jalan pintas saat ingin berpindah dari satu destinasi ke destinasi yang lain.

    Tips Memilih Rental Motor Matic

    Selain itu praktis dibawa kemana-mana, menyewa motor matic juga anggarannya jauh lebih murah daripada menyewa mobil. Demikian juga dengan pengeluaran untuk bahan bakar yang dihabiskan. Banyak sekali keuntungan yang didapatkan dari naik motor ini.

    Namun sebelum memutuskan untuk sewa motor di Bali, ada beberapa tips yang harus diketahui. Sehingga tidak salah memilih tempat dan akhirnya malah akan kecewa. Beberapa tips dibawah ini dapat membantu saat dibutuhkan

    1. Mencari Penyewaan Terbaik Melalui Internet

    Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu tempat yang menyewakan motor tersebut.Carilah lokasi yang paling dekat dengan tempat penginapan yang akan digunakan. Jaman sekarang sangat mudah mencari rental motor karena banyak sumber yang dapat digunakan.

    Kalau domisili tidak di Bali, maka bisa mencarinya lewat pencarian di internet, media sosial, forum diskusi online, blog, atau dari membaca hasil review dari orang-orang yang pernah menggunakannya.

    Saat menemukan banyak informasi di internet, maka sebaiknya langsung menanyakan mengenai tempat, harga sewa dan nomor kontak yang akan dihubungi. Carilah yang paling banyak memiliki review positif untuk mengantisipasi tertipu tempat sewa abal-abal.

    2. Mencari Penyewaan Terbaik  Melalui Kenalan

    Selain dari internet, mencari informasi yang akurat mengenai penyewaan dapat dilakukan dengan bertanya kepada kenalan atau kerabat. Cara ini lebih efektif karena mereka sudah pernah menggunakannya jadi pengalamannya lebih akurat.

    Biasanya teman atau kenalan juga akan merekomendasikan tempat yang bagus, sehingga lebih aman dan terpercaya. Sehingga tidak akan khawatir mendapatkan motor yang kondisinya kurang bagus dan tidak aman untuk melakukan perjalanan.

    3.Menanyakan Fasilitas Yang Diberikan

    Ketika sudah mendapatkan tempat sewa motor di Bali,  yang meyakinkan jangan lupa untuk menanyakan fasilitas apa saja yang akan didapatkan. Agar perjalanan yang akan dilakukan lancar, aman dan juga nyaman. Pastikan juga motor yang disewa sudah dilengkapi dengan helm dan jas hujan sebagai kelengkapannya.

    Fasilitas yang wajib didapatkan oleh penyewa biasanya adalah STNK, 2 helm, dan 2 jas hujan. Fasilitas yang sangat bermanfaat terutama di musim penghujan, karena bisa saja hujan turun mendadak di tengah jalan.  Karena di Nusa Penida ketika meminjam motor hanya diberi kuncinya saja tanpa helm dan jas hujan.

    4. Mempersiapkan Persyaratan

    Sebelum memutuskan untuk melakukan sewa motor, alangkah baiknya kalau menanyakan lebih dulu persyaratannya apa saja yang harus disiapkan. Karena biasanya untuk jaminan penyewa harus menyerahkan beberapa dokumen seperti KTP atau SIM.

    Namun ada juga beberapa penyewaan yang mensyaratkan foto kopi SIM (Surat Ijin Mengemudi) juga. Mungkin ingin memastikan bahwa penyewa benar-benar sudah bisa mengendarai motor. Sehingga tidak akan menimbulkan masalah ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

    5. Mengecek Kondisi Motor

    Memeriksa kondisi motor juga sangat penting dilakukan karena tidak hanya berhubungan dengan kenyamanan saja. Namun juga berkaitan dengan keselamatan pengguna dalam perjalanan. Perhatikan baik-baik semua fungsinya terutama pada gas dan rem, pastikan semuanya berfungsi dengan baik.

    Selain kedua fungsi tersebut pastikan juga kalau lampu depan, lampu belakang dan juga sennya dapat bekerja dengan maksimal. Meskipun digunakan pada siang hari namun beberapa fungsi lampu harus tetap digunakan, untuk berjaga-jaga ketika perjalanan dilakukan sampai malam tiba.

    Jangan lupa juga memeriksa ban dan spionnya, karena ban yang gundul dapat menyebabkan kecelakaan karena tergelincir. Apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini. Spion juga penting karena beberapa orang menyewakan motornya tanpa spion.

    Setelah itu yang paling penting adalah memastikan kondisi mesin motor dalam keadaan yang prima. Biasanya dapat ditandai dari suara mesinnya yang halus. Dan jangan lupa menanyakan kapan motor yang digunakan tersebut terakhir ganti oli. Mesin yang panas karena kurang oli bisa menyebabkan mogok di jalan.

    6. Memesan Jauh-jauh Hari

    Ketika persiapan liburan sudah matang dan sudah menemukan tempat penyewaan yang memuaskan maka dapat memesannya jauh-jauh hari. Karena memesan disaat musim liburan tiba, tidak bisa mendadak karena banyak orang yang menyewa juga, sehingga bisa kehabisan.

    Pastikan untuk bertanya apakah memerlukan DP atau tidak, juga jaminan yang diperlukan untuk menyewanya. Dan yang pasti pilihlah motor yang nyaman dan aman saat digunakan untuk berpetualang di pulau dewata ini.

    6 hal diatas dapat dijadikan panduan saat ingin menggunakan jasa sewa motor di Bali. Sangat penting untuk dilakukan demi keselamatan dan kenyamanan selama liburan dengan naik motor.

    Jangan lupa untuk mencari tempat Sewa motor di Bali yang terpercaya dan dapat diandalkan. Seperti billymotorbalirental.com yang memiliki banyak jenis motor matic. Sehingga penyewa dapat memilih sesuai yang diinginkan.

    Need Help?